Laman

Sabtu, 09 Juli 2011

Evangelion

Neon Genesis Evangelion (Bahasa Jepang: 新世紀エヴァンゲリオン Shinseiki Evangelion) ialah anime dan kemudian manga (masih terus diproduksi) karya Hideaki Anno.
Anime Neon Genesis Evangelion diproduksi oleh Gainax dan disiarkan dari tanggal 4 Oktober 1995 hingga 27 Maret 1996 oleh TV Tokyo. Anime tersebut kemudian diikuti oleh dua buah anime layar lebar Death and Rebirth dan End of Evangelion dan dirilis pada tahun 1997. Death dan Rebirth merupakan ringkasan dari seluruh serial ditambah setengah awal dari End of Evangelion. Sedangkan End of Evangelion merupakan akhir alternatif dari keseluruhan cerita, mengganti episode 25 dan 26 dari serial televisinya. Kedua anime layar lebar tersebut kemudian dikemas ulang dalam satu anime layar lebar berjudul Revival of Evangelion. Manga Neon Genesis Evangelion digambar oleh Yoshiyuki Sadamoto dan diterbitkan oleh Kadokawa Shoten. Manga tersebut menceritakan hal yang sama dengan animenya, tetapi lebih ke sudut pandang Shinji Ikari.
Di Indonesia, manga Neon Genesis Evangelion diterbitkan oleh m&c Comics pada tahun 2004.
Anime dari Neon Genesis Evangelion sendiri di Indonesia sempat disiarkan oleh stasiun televisi Trans TV hanya sepanjang tiga episode dengan waktu tayang hari Senin pukul 00:30.
Anime tersebut juga dapat diperoleh dalam bentuk VCD dengan subtitle bahasa Indonesia. Hanya saja dari 26 episode yang seharusnya dikeluarkan, hanya 24 episode saja yang bisa didapatkan di pasaran. Tampaknya pihak pemilik lisensi tidak mengeluarkan episode terakhir dikarenakan isi dari 2 episode terakhir terlalu berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar